Cara Atasi Bagasi Hilang Saat Mudik Pakai Pesawat

Jika kamu mengalami kehilangan bagasi pada saat mudik menggunakan pesawat terbang jangan langsung panik. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan supaya bagasi yang hilang bisa kembali meskipun kamu sudah pulang ataupun kembali ke hotel.

Kejadian bagasi hilang menjadi salah satu hal yang lumrah dalam moda transportasi pesawat terbang.  Salah satu diantara penyebabnya yaitu kesalahan label atau tagging di koper, sehingga tujuan keberangkatan tidak sesuai dengan tujuan pemiliknya. Selain itu, bisa juga karena koper yang digunakan mirip sehingga terjadi pertukaran bagasi secara tidak disengaja.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan jika kamu mengalami kehilangan bagasi menggunakan moda transportasi pesawat terbang.

Mitigasi Kehilangan dengan Cara Ini

Salah satu tip pertama sebelum memasukkan koper ke dalam bagasi pesawat adalah dengan mengabadikan kondisi koper menggunakan kamera dari beberapa sudut pandang yang berbeda.

Sehingga kamu bisa benar-benar mendapatkan gambaran awal kondisi dan keadaan koper kamu sesaat sebelum dimasukkan dalam bagasi pesawat. Bukti foto menjadi bukti penting ketika kamu kehilangan koper di bagasi pesawat.

Pastikan juga bahwa koper kamu memang memiliki tanda yang unik. Sehingga jika ada potensi tertukar pun masih ada pendanda yang membedakan dengan jenis koper yang serupa. Sehingga secara kasat mata tetap bisa diidentifikasi perbedaannya.

Laporkan Pada Maskapai Penerbangan

Jika kamu mengalami kehilangan koper pada saat pengambilan bagasi, tetaplah tenang dan jangan langsung panik. Segera laporkan kondisi kehilangan kamu pada pihak maskapai penerbangan. Jangan langsung meninggalkan bandara ketika kamu belum melaporkan kehilangan tersebut kepada pihak yang berwenang.

Beberapa maskapai penerbangan memiliki kebijakan bagi penumpang yang merasa kehilangan barang di bagasi pesawat mereka. Oleh sebab itu, buatlah laporan pada maskapai yang kamu gunakan. Dengan adanya laporan kehilangan tersebut menjadi salah satu dokumentasi tertulis untuk mendapatkan penggantian dari asuransi jika barang benar-benar tidak bisa ditemukan kembali, sesuai dengan kebijakan dan kewenangan yang berlaku.

Berikan Informasi yang Terperinci

Pada saat melaporkan kehilangan koper di bagasi pesawat, kamu bisa menunjukkan ciri-ciri koper dengan memberikan bukti foto koper. Disinilah pentingnya untuk memfoto koper sebelum keberangkatan pada saat di bandara. Sehingga, pihak maskapai penerbangan akan lebih mudah dalam mengidentifikasi koper yang hilang.

Disamping itu, kamu juga memiliki bukti bahwa koper memang baik-baik saja sebelum keberangkatan dan dalam kondisi yang siap terbang. Berikan ciri-ciri fisik seperti ukuran, warna, ciri fisik tertentu secara detail jika kamu ternyata tidak memiliki dokumentasinya. Berikan juga informasi yang jelas sesuai dengan tiket yang kamu gunakan seperti nomor penerbangan asal dan tujuan pesawat. Makin banyak informasi yang diberikan semakin memudahkan petugas untuk melakukan pencarian.

Bisa jadi tip juga agar kamu memilih koper yang tidak terlalu mahal tapi memiliki kualitas yang baik. Sehingga saat hilang pun tidak terlalu ngenes. Ada banyak opsi koper bagus berkualitas di marketplace. Apalagi kamu bisa beli menggunakan cicilan barang dari Kredivo dengan bunga rendah. Tenornya bisa hingga 12 bulan dengan bunga mulai dari 1.99% per bulan.

Jika kamu tertarik untuk mengajukan pendaftaran lewat Kredivo, unduh saja aplikasi resminya dari App Store dengan sangat mudah. Kemudian lakukan pendaftaran secara online kapan saja dan di mana saja. Ajukan sebagai member premium agar bisa mendapatkan limit hingga Rp50 juta.

Minta Koper di Kirim ke Rumah atau Hotel

Jika maskapai penerbangan tidak bisa memberikan estimasi waktu kapan koper bisa dikembalikan, ajukan untuk mengirim koper ke rumah atau hotel tempat kamu menginap. Sehingga kamu tidak perlu menunggu seharian di bandara demi menemukan koper yang hilang. Biarkan koper tetap menjadi tanggung jawab maskapai penerbangan, sehingga kamu tetap bisa melanjutkan perjalanan.

Jangan sampai rencana liburan kamu jadi berantakan gara-gara koper hilang. Terlebih jika kamu sudah mengasuransikan koper kamu, pasti akan ada penggantian dari koper yang hilang tersebut.

Klaim Kehilangan Jika Dalam Periode Tertentu, Koper Tidak Kembali

Untuk beberapa maskapai penerbangan memiliki kebijakan masing-masing. Misalnya seperti maskapai penerbangan Garuda Indonesia memberikan waktu 14 hari untuk proses pencarian. Jika dalam waktu tersebut bagasi ditemukan, akan segera dikirimkan ke alamat yang diberikan. Namun, jika dalam kurun waktu tersebut tidak ditemukan, kamu bisa mengajukan klaim dengan nilai sekitar Rp200.000/kg berdasarkan berat bagasi yang tercatat.

Sehingga jika bagasi kamu misalnya beratnya 10kg, artinya 10kg x Rp200.000,- = Rp2.000.000,- kompensasi yang diterima jika bagasi hilang lebih dari 14 hari sejak pencarian.